Olahraga untuk Programmer / Pekerja Kantoran


Kebanyakan programmer menghabiskan minimal 8 jam per hari selama 5 hari seminggu untuk bekerja di depan komputer, kurang gerak, kbanyakan duduk, stress karena tekanan kerja diperparah dengan  kurangnya olah raga yang baik dan cukup, tentunya hal ini bisa jadi hal yang sangat tidak baik dan membahayakan kesehatan yang pada jangka panjang dapat menjadi penyebab penyakit yang fatal dan bahkan sangat fatal, belum lagi hal tersebut diperparah dengan kebiasaan merokok, minum kopi dalam jumlah yang banyak dan kadang disertai pola makan, tidur  yang tidak teratur dan tidak sehat, lengkap sudah….

Dikutip dari website http://sheddingbikes.com/posts/1281257293.html berikut adalah penyakit yang sering dapat menyebabkan memburuknya kesehatan para programmer dan bahkan para pekerja kantoran lainnya yang banyak menghabiskan waktu duduk ber jam jam di depan layar komputer, dehidrasi dan sakit pada pergelangan tangan (mungkin juga persedian yang lain).

What I do want to cover are a set of particular problems programmers have from their daily profession. These are just simple really obvious things that for some reason programmers don’t realize aren’t supposed to be happening:

  • Pain in your wrists from Repetitive Strain Injury (RSI).
  • Problems with your eyes from staring at moving print for extended periods.
  • Back problems from poor posture, especially in the lower back and upper shoulders.
  • Bowel and urinary issues from not crapping and pissing when you should.
  • Dehydration from drinking too much caffeine and not enough water.
  • Problems with hemorrhoids and the prostate for guys from sitting too much. Yep, I’m gonna go there.
  • Vitamin D deficiency from lack of sunshine.
  • Sleeping disorders from staying up late and drinking too much coffee.
  • General stiffness and soreness from a lack of stretching in general.

Membaca dari kutipan bacaan diatas mungkin bisa di simpulkan untuk tidak terlalu banyak duduk, sebisa mungkin untuk berjalan dan berdiri setidaknya setiap 1 jam sekali sekedar untuk mengambil air minum atau naik turun tangga atau sekedar untuk ke toilet di lantai yang berbeda, untuk pagi hari setidaknya manfaatkan waktu untuk berjemur dengan sinar matahari pagi, bisa di akali sambil berjalan mencari sarapan pagi munkin adalah ide yang sangat baik hitung hitung olah raga dan mendapatkan sinar matahari pagi.

Pola tidur yang tidak baik juga berperan sangat tinggi dalam memperburuk keadaan, tidur yang kurang di hari kerja dan kadang di balas dengan tidur yang sangat panjang di hari libur menjadi kebiasaan yang memperburuk keadaan yang sudah tidak sehat.

Kurang tidur dapat memicu orang menjadi banyak makan dan menyebabkan kegemukan. Mengatur pola tidur yang baik akan berakibat pada penurunan berat badan dan kesehatan yang prima.
“Kurang tidur memicu produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan tubuh memakan sampai 300 kalori lebih dalam sehari dibandingkan ketika tubuh cukup tidur,” kata dr. Oz, dokter yang memandu acara TV “The Dr. Oz Show”
……………
Tidur yang terlalu lama malah dapat mengakibatkan tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi. Dan hal ini berdampak buruk bagi kesehatan. Sedangkan bila kurang waktu tidur juga merugikan kesehatan karena tubuh kita tidak diperbaharui dan dipulihkan lagi…….

kurang olah raga dan gerak dapat berpengaruh buruk terhadap semua orang dengan semua profesi terlebih untuk pekerjaan yang menuntut lebih banyak diam duduk dan berkonsentrasi, dimana badan yang kurang gerak ditambah stress dan kejenuhan yang terakumulasi.

Sempat terpikirkan bahwa nanti di belakang meja kerja saya akan saya gantungkan sand sack, dua pasang gloves ,head protector, barbel dan bahkan Ring tinju, jadi kala stress bisa langsung jotos jotosan sampai puas, oh iya mengapa beladiri ? mungkin banyak olah raga yang lain tapi saya sendiri menganggap beladiri sebagai sarana olahraga yang praktis, bisa di lakukan sendiri, berdua bahkan banyakan hingga jumlah yang tidak terbatas asal muat saja ruangannya, berlatih sendiri bisa sekedar tendang pukul sand sack atau sekedar shadow boxing, berdua bisa sparing bertiga bisa gantian yang satunya jadi wasit kalo banyak bisa simulasi tawuran, gilain aja asal nggak stress dan tidak menciderai (peralatan keselamatan no satu), selain itu beladiri seperti Kickboxing atau muaythai membakar cukup banyak kalori karena menggerakkan semua anggota badan, seperti memukul , menandang dan meliuk untuk menghindar, saat sparring pun cukup menguras konsentrasi untuk bertahan dan mengatur startegi unutk menyerang selain itu fun karena sedikit mengambalikan diri kita ke fitrah sebagai mahluk buas predator yang kadang memang membutuhkan penyaluran hasrat untuk saling memukul dan menendang, asal tanpa emosi dan menjaga sportifitas di lengkapi dengan alat pengaman yang memadai semua aman dan menyehatkan, pikiran kembali fun dan akan siap kembali bekerja dengan semangat baru.

Apabila di kantor memang belum menyediakan fasilitas olah raga dan ingin berolah raga bisa bareng saya latihan Kickboxing (semi muaythai sih) di KBI Bandung
Latihan : Gelanggang Generasi Muda Bandung - jawa barat / Samping BIP (Minggu 16.00 – 18.30 , Selasa 19.00 – 22.00 )

Lumayan nambah teman dan mencari suasana baru, skalian latihan Kickboxing, menyehatkan dan Fun.

sekedar informasi di GGM bandung juga terdapat olah raga beladiri lain seperti Jiujitsu, Taekwondo, T.Drajat, Capoera dll.  datang aja kesana untuk nyari yang cocok dengan kebutuhan dan kesenangan anda.

About these ads

3 thoughts on “Olahraga untuk Programmer / Pekerja Kantoran

  1. Bro, gw juga suka olahraga beladiri dan lari gitu, karena lebih cepat menguras tenaga sehingga warming up ke jantung cepat juga. Kalau jantung udah mantap pompaannya, tubuhpun segar :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s